12 Juni 2015

Berpetualang dengan Subway di kota Tokyo






Sistem transportasi yang ada di kota Metropolitan modern banyak mengandalkan pada moda transportasi massal. Moda ini dipilih untuk memudahkan pergerakan manusia dari satu titik ke titik lain secara cepat dengan mengurangi pemanfaatan kendaraan pribadi.
Saat berkunjung ke Tokyo pada 11-15 Juni 2015 setibanya di Bandara Narita Tokyo, sayapun memanfaatkan jasa transportasi publik ini, dari Bandara menuju Asakusa Station yang kurang lebih ditempuh dengan waktu 1,5 jam.

Jika melihat peta di atas mungkin terasa ruwet dan membingungkan, tapi sebenarnya jika sudah memahaminya cukup simple. Yang pasti kita harus membeli tiket terlebih dahulu. Ada 2 macam tiket, yaitu :
  1. Tiket One Way atau satu kali jalan
  2. Tiket berbentuk kartu yang dapat diisi ulang seperti PASMO atau SEICA
Tiket dapat dibeli di vending machine yang tersedia di setiap stasiun, siapkan uang semisal pecahan 1000 Yen atau yang lain. Jika uang kita perlu kembalian tak usah khawatir, karena akan dikembalikan dengan utuh.
Tiket sekaligus digunakan sebagai pass untuk masuk dan keluar dari stasiun.
Jika kita menggunakan Tiket Kartu maka cukup ditempelkan untuk discan pada pintu otomatis. Sedangkan Tiket One Way dipakai dengan memasukkannya pada lubang yang tersedia di pintu, lalu tiket akan muncul kembali di ujung lain. Jangan lupa ambil kembali tiket ini, karena hanya dengan tiket ini, kita dapat keluar di stasiun tujuan.
Setelah memilih jurusan, pahami rute/line dan warna dari rute kita, lalu perhatikan tiap stasiun yang akan dilewati dan rencana kita akan turun di stasiun lain. Jika kita sudah di jalur yang benar maka kereta yang lewat hanya 1 tujuan tak perlu takut keliru arah tujuan. Kereta akan datang dengan interval 7-15 menit (perhatikan pengumuman yang ada) dan tepat waktu.
Selama di kereta tidak diperkenankan menerima panggilan telepon karena akan mengganggu pengguna jasa lainnya. Duduklah pada tempat yang disediakan, jangan gunakan kursi yang dikhususkan lansia dan wanita yang membawa anak-anak jika kita bukan masuk kategori ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar